Marhaban Ya Ramadhan.... Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1443 H ... Semoga kita senantiasa memperoleh keberkahan dari Allah SWT... Aamiin Ya Robbal'alamin

Artikel

Waspada dan Kenali Gejala Omicron

15 Februari 2022 13:02:29  adminmadukara  135 Kali Dibaca  Berita Desa

(Madukara)-Covid-19 masih ada, jangan lengah untuk mencegah Covid-19 menyerang kita. Apalagi saat ini muncul varian baru Covid-19 jenis Omicron. Bagaimana cara kita mengenali Omicron, berikut ciri-ciri gejala Omicron :
1. Sakit kepala

Gejala Omicron yang banyak dikeluhkan pasien adalah sakit kepala. Sakit kepala diketahui merupakan salah satu gejala yang paling umum akibat infeksi Covid-19. Riset tersebut juga menunjukkan sakit kepala akibat virus corona yang dirasakan pasien mulai dari: Nyeri atau sakit kepala sedang hingga berat Kepala terasa berdenyut, menekan, atau menusuk Sakit kepala dapat terjadi di kedua sisi kepala Sakit kepala berlangsung selama lebih dari tiga hari dan tidak mampu diobati dengan obat penghilang rasa sakit biasa.

2. Pilek

Selama musim dingin di Inggris, pilek menjadi gejala Covid-19 kedua yang paling sering dilaporkan setelah sakit kepala. Setidaknya hampir 60 persen orang yang positif Covid-19 dengan gejala anosmia juga mengeluhkan pilek. Para peneliti menggarisbawahi saat tingkat infeksi rendah, kemungkinan besar pilek bukan disebabkan oleh virus corona, tetapi alergi.

3. Bersin-bersin

Ciri-ciri gejala Omicron yang ditemukan oleh tim peneliti selanjutnya adalah bersin-bersin. Gejala ini, kata mereka, bahkan terjadi pada orang yang sudah divaksinasi Covid-19. Di sisi lain, tim menjelaskan bersin tidak selalu mengindikasikan infeksi varian Omicron tetapi bisa menandakan alergi maupun pilek biasa. "Meskipun banyak orang dengan Covid mungkin (bergejala) bersin-bersin, itu bukan gejala yang pasti karena bersin sangat umum," tulis para peneliti.

4. Sakit tenggorokan

Banyak pasien Omicron melaporkan bahwa mereka menderita sakit tenggorokan yang kerap dialami saat pilek maupun radang tenggorokan. Studi ZOE Covid mencatat, gejala sakit tenggorokan akibat infeksi Covid-19 cenderung ringan dan berlangsung kurang dari lima hari. Apabila sakit tenggorokan sangat menyakitkan, peneliti berkata mungkin menandakan kondisi kesehatan lainnya, untuk itu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Berdasarkan data yang terkumpul, hampir setengah dari pasien Covid-19 mengalami sakit tenggorokan yang banyak terjadi pada usia 18 sampai 65 tahun. Baca juga: Kepala Pusing dan Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Omicron, Ini Kata Dokter

5. Batuk

Batuk terus-menerus umumnya menandakan gejala Covid-19. akan tetapi, studi ini menunjukkan hanya sekitar empat dari 10 pasien yang merasakan batuk-batuk. Adapun gejala batuk yang berkaitan dengan infeksi Covid-19 biasanya batuk kering, bukan batuk berdahak. Gejala ini juga bisa berlangsung sekitar empat atau lima hari bergantung pada derajat penyakit. Apabila Anda mengalami batuk dan dibarengi dengan gejala Covid-19 lainnya, segera lakukan tes PCR maupun rapid test antigen. 

Referensi : https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/11/113000223/kenali-5-ciri-ciri-gejala-omicron-yang-paling-banyak-dikeluhkan-pasien?page=all

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Prodeskel Prodeskel
Pak Bejo esptpd
DJB Online Simphoni
edabu epdeskel

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:311
    Kemarin:486
    Total Pengunjung:200.944
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.98.39
    Browser:Tidak ditemukan